Dunia Platonis

whatever, wherever, whenever. Free your mind!

Man of Steel, Pencarian Multi-Identitas Seorang Pahlawan

leave a comment »

Kolaborasi Snyder-Nolan yang spektakuler!

Kolaborasi Snyder-Nolan yang spektakuler!

Alkisah sebuah planet yang bernama Krypton sekarat. Di tengah masa genting serta upaya kudeta Jenderal Zod, Jor-El mengirimkan anak laki-lakinya ke Bumi melalui kapsul luar angkasa. Tujuan Jor-El agar Kal-El meneruskan peradaban Krypton sambil berupaya beradaptasi dengan lingkungan tempat tinggal barunya. Di Bumi, Kal-El kelak memperoleh nama Clark Kent dan dijuluki Superman setelah menyelamatkan umat manusia dari marabahaya yang hendak ditimbulkan Jenderal Zod.

Premis ini mengisi sentral cerita Man of Steel, film laris musim panas ini yang masih bertahan di layar bioskop nasional dan internasional selama berpekan-pekan. Premis film tak ubahnya dengan blockbuster Hollywood lain kecuali kali ini sang superhero rekaan DC Comics mengusung nama Christopher Nolan yang menuai sukses lewat trilogi Batman.

Hasilnya, Superman dengan sukses ter-Nolan-isasi. Man of Steel tidak hanya berisi sajian efek spesial yang fantastis, tetapi juga memberikan cerita yang dibutuhkan seorang Kal-El alias Clark Kent alias Superman. Tidak salah pula jika film ini diberikan ke tangan sutradara Zack Snyder yang sukses memukau penonton berkat kesetiannya saat menyadur novel grafis 300 dan Watchmen ke layar lebar.

Mirip seperti yang dilakukan terhadap Batman, Superman kini memperoleh sebuah kisah awal. Sebuah raison d’etre. Kompleksitas identitas tokoh utama dalam film ini adalah bagaimana dia harus mencari serta memilah tiga karakter yang dijalankannya sekaligus, yaitu sebagai Kal-El putra Krypton yang hilang; Clark Kent si anak petani dari Kansas; dan Superman sang penyelamat umat manusia. Sebagai penulis skenario, David Goyer dengan apik pula memilih Jenderal Zod sebagai villain dalam Man of Steel karena dapat bertindak sebagai penghubung Kal-El/Clark Kent/Superman dengan masa lalunya.

Skrip film diberikan Goyer di masa senggang penulisan skenario Dark Knight Rises. Ketika tim dilanda kejenuhan, Goyer membaca ulang komik-komik lama koleksinya dan mendapatkan inspirasi bagaimana memulai cerita Superman ke dalam layar lebar. Rancangan itu disodorkannya kepada Christopher Nolan. Cerita Goyer dianggap masuk akal dan tanpa ragu Nolan mengajukannya ke Warner Bros. Sepekan berselang, naskah disetujui dan mereka pun berburu aktor yang dapat memerankan tokoh utama.

Singkat cerita, pilihan jatuh kepada aktor asal Inggris, Henry Cavill. Jika Bryan Singer memilih Brandon Routh sebagai pemeran utama Superman Returns karena kemiripan dengan Christopher Reeve, salah satu faktor keuntungan pemilihan Cavill adalah perasaan keterasingan yang dimilikinya sebagai aktor asal Inggris yang harus memerankan tokoh superhero pujaan Amerika Serikat. Koneksitas Cavill dengan karakter yang diperankannya tampak menonjol di beberapa adegan kunci, seperti ketika menyelamatkan sang ibunda Martha dan perkelahian terakhir dengan Jenderal Zod.

Selain sukses menyelamatkan Bumi dari ambisi Jenderal Zod menginvasinya, si manusia baja menemukan apa yang dicarinya di awal kisah. Dia mengetahui kisah masa lalunya sebagai Kal-El, kemudian memahami maksud pengajaran dari Jonathan ayah planet Buminya yang bijak, dan menemukan karakter baru sebagai harapan dari umat manusia, Superman.

Dalam banyak hal, Man of Steel dapat dianggap sebagai “Superman Begins”, merujuk pada kesuksesan Christopher Nolan memperkenalkan lagi Batman dengan kisah yang lebih humanis dan membumi.

Tanggapan pengamat dan penonton beragam, pro dan kontra. Selain dianggap memperbaharui kisah Superman sehingga dapat diterima penonton di era modern, Man of Steel juga dianggap mengabaikan sejumlah karakter serta tidak menawarkan sesuatu yang baru dari segi kreativitas efek spesial.

Saya menilai Man of Steel sebagai sebuah cerita superhero yang aman, dapat diterima penggemar komiknya maupun yang bukan pembaca komik, serta sebuah karya kolaborasi Zack Snyder-Christopher Nolan (plus David Goyer) yang spektakuler.

Rating: 4/5 bintang

Iklan

Written by hawe11

Juni 25, 2013 pada 3:06 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: