Dunia Platonis

whatever, wherever, whenever. Free your mind!

Tamu Tak Diundang

with 3 comments

I’ve got this thing. Mendadak dia datang begitu saja. Menginkubasi saya, menganggap tubuh saya sebagai inang yang bisa dimanfaatkan. Begitu daya tahan tubuh saya menurun, merajalelalah dia.

Itulah rupanya kenapa saya sudah merasa meriang sejak seminggu sebelumnya. Ternyata memang masa inkubasi tamu tak diundang ini, virus Rubella, berlangsung seminggu sebelum membuatmu demam dengan temperatur sedang — tidak dingin, tidak panas. Kepalamu akan terasa sakit, dan parahnya kelenjar getah bening di kepala bagian belakang — di dekat telinga — membengkak. Pantas saja ada urat yang menyembul di leher belakang saya, membuat saya khawatir apa saya cuma salah tidur atau terkena gejala koleseterol buruk.

Puncaknya, virus ini menimbulkan ruam di sekujur tangan dan kakimu. Sempat saya disarankan untuk tes darah, menghindari resiko terkena DBD, tapi ketika ruam itu muncul penyakit ini mulai jelas. Bukan ruam DBD, melainkan campak jerman — i wonder why should they named after that. Saya sudah membayangkan akan diserang ruam menyeramkan seperti penyakit campak yang menyerang saya sewaktu kecil. Tapi, untungnya ruam ini tak berkembang separah itu. Hanya seperti biang keringat. Setelah beberapa hari bertarung, pelan-pelan saya mulai pulih dan nafsu makan sudah kembali seperti sedia kala.

Nah, Rubella berbahaya jika diidap ibu hamil karena bisa menular ke janin yang dikandung dan bayi yang lahir beresiko cacat. Makanya, begitu ruam muncul, pengidap harus diisolasi paling tidak selama empat hari.

Meski mulai sembuh, tampaknya saya tetap harus menjalani tes darah. Seperti dianjurkan Ibunda, untuk mengetahui penyakit yang mungkin saya idap. Bisa jadi diabetes, siapa tahu. Mudah-mudahan tidak…

Written by hawe11

Januari 31, 2009 pada 6:09 pm

3 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. ouch… campak bisa kena 2x bos? gua jadi parno juga nih…

    Sky

    Februari 7, 2009 at 7:57 pm

  2. benar tuh saran Bunda. semoga baik baik saja. pas mo nikah cek kesehatan lagi lhoooo… salam kenal

    thewaskitas

    Februari 10, 2009 at 2:57 pm

  3. @Sky: nope, ini lebih jinak dibandingkan virus campak yg biasanya nyerang anak kecil. tp bahaya kalo diidap bumil — as written..

    @thewaskitas: salam kenal juga.. mari jaga kesehatan! *halah, kyk ILM Depkes :p*

    hawe11

    Februari 11, 2009 at 10:47 am


Tinggalkan Balasan

