Dunia Platonis

whatever, wherever, whenever. Free your mind!

Oranje 3 Italia 0!

with 4 comments

Hampir dapat dipastikan, saya tidak akan bisa tidur dinihari ini.

Saya harus meredam ketegangan dan adrenalin yang muncul akibat menanti serta menonton partai Oranje lawan Italia di televisi. Orang bilang ini grup neraka, tapi saya sudah jauh-jauh hari bilang Oranje bakal mampu lolos dari grup ini. Sesumbar. Dan menjelang kick off dinihari tadi, saya memilih bersikap realistis – Arjen Robben yang tampil gemilang dalam partai pemanasan pra-Euro absen karena cedera. Pers Italia memanas-manasi suhu pertandingan dengan menyebut Oranje bak “jangkrik yang rapuh”.

Dan, jangkrik rapuh itu menumbangkan keangkuhan mereka.

Tidak seperti biasanya, Belanda tampil sebagai tim. Tidak ada konflik internal yang biasanya muncul dalam turnamen-turnamen besar yang mereka ikuti. Bakat melimpah di lini penyerangan tidak diimbangi kokohnya lini pertahanan. Bahkan publik Belanda sendiri mempertanyakan ketangguhan bek-bek Oranje menghadapi striker hebat macam Luca Toni. Marco van Basten malah bilang, “Pertahanan terbaik adalah menyerang.” Klise. Sang Maestro Johan Cruyff tidak menyenangi pola kontemporer 4-2-3-1 terapan Van Basten. San Marco jalan terus.

Italia menjadi korban pertama dari kejutan “jangkrik rapuh” Oranje. Tidak pernah disangka-sangka, gol yang mengalahkan tim juara dunia itu lahir dari serangan balik. Strategi sama yang membuahkan gol Robben ke Wales dalam partai pemanasan pra-Euro lalu. Itu berbuah. 3-0 untuk Oranje. Tidak ada yang menyangka. Saya pun tak pernah menyangka.

Saya tahu saya tidak akan bisa tidur dinihari ini. Dulu Italia juga yang membuat saya tidak bisa tidur. Tahun 2000. Untungnya, sekarang kebalikannya. Kalau saya ada di antara fans Oranje di Stade de Suisse, Bern, malam ini – saya belum akan mau pulang. Saya ingin menikmati kemenangan ini dulu.

Now, I want to believe.

Written by hawe11

Juni 10, 2008 pada 3:58 am

Ditulis dalam mengalami

Tagged with ,

4 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. hahaha. pasti seneng banget, tuh! waktu denger skor 3-0 ini di radio gue langsung inget lo–lagi senyum lebaaarrr sekali hihihi.

    hanny

    Juni 11, 2008 at 8:23 am

  2. selamat.. selamat…
    oranje layak jadi pemenang.. semoga bukan penampilan terbaik mereka

    zaidan

    Juni 11, 2008 at 1:56 pm

  3. ah, baru langkah pertama… masih banyak langkah ke depan…

    mudah-mudahan…

    hawe11

    Juni 11, 2008 at 3:51 pm

  4. Ah ya, selamat lagi. Menang melawan perancis 🙂

    Semoga langkah selanjutnya kian mulus…

    Hup hup Holland 🙂

    atta

    Juni 14, 2008 at 1:01 pm


Tinggalkan Balasan

