Dunia Platonis

whatever, wherever, whenever. Free your mind!

Jumat Sebelum Lebaran

leave a comment »

Sebentar lagi, seminggu yang melelahkan itu akan lewat sudah. Deadline sudah selesai Jumat sebelumnya. Praktis, lima hari kerja sejak Senin kemarin hanya diisi aktivitas non-produktif. Tak masalah, puasa sekali-kali boleh menjadi apologi yang obyektif.

Puasa sendiri hanya dalam hitungan hari. Ada yang bilang Lebaran jatuh hari Senin, ada pula yang bilang Selasa. Keluarga saya sendiri belum menentukan memilih versi yang mana. Biasanya kalau ada perbedaan begini, kami memilih ikut versi Pemerintah. Puasa tahun ini juga melelahkan. Bedanya sangat terasa dibandingkan yang sudah-sudah. Bukan masalah godaan fisiknya, tapi secara batin, tantangan puasa tahun ini jauh lebih besar. Jujur, saya sulit mengendalikan diri menghadapi puasa tahun ini. Mungkin saya menyerah, tapi niat saya tetap lillahi ta’ala. Biarkan Yang Di Atas menilai upaya dan ibadah saya sepanjang bulan suci ini.

Hari ini hari terakhir di kantor. Sebenarnya kantor pula yang menjadi sumber “masalah” tersebut. Untungnya, hari ini semuanya diperjelas. Paling tidak sudah ada komitmen lisan yang bisa saya pegang untuk memperjelas masa depan. Mudah-mudahan seterusnya akan begitu.

Hari ini sekaligus menjadi Jumat terakhir pada Ramadhan tahun ini. Setahun lalu, saya membuat tulisan khusus tentang hari Jumat terkahir di bulan puasa. Saya berupaya mempertahankan kebiasaan itu. Tapi tak hanya itu yang membuat saya merenung dan terharu hari ini. Ada sesuatu yang membuat saya menghargai diri sendiri sampai seperti ini pada hari ini dan detik ini. Jawabannya, seperti dalam dua tulisan saya terdahulu, adalah masa lalu. Ternyata masa lalu tidak hanya ada untuk dikenang, tapi untuk membuat kita menghargai diri sendiri di masa sekarang. Sebuah pelajaran, tapi masih kecil artinya dibanding ridha yang semestinya bisa saya dapatkan selama bulan Ramadhan.

Ah, sudahlah… Tak boleh ada ruang untuk penyesalan, bukan?

Iklan

Written by hawe11

Oktober 20, 2006 pada 5:33 pm

Ditulis dalam Uncategorized

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: